SMK Muhammadiyah Sumowono
SHARE :

Meningkatkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Pameran Hasil Karya Siswa

28
01/2021
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar
Author : admin


Meningkatkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Pameran Hasil Karya Siswa

Untuk memperoleh lulusan yang bermutu dan mempunyai keterampilan yang memadahi sesuai dengan Kompetensi Kejuruan serta Bakat dan Minat siswa, maka perlu adanya peningkatan pembelajaran utamanya penanganan praktik siswa serta bakat dan minat siswa. Sehingga Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK yang Mendapatakan Pengembangan Bakat dan Minat ( Ekstrakurikuler dan Intrakurikuler ) sangat membantu siswa dalam pembelajaran praktik serta pengembangan bakat dan minat.

Kegiatan ekstrakurikuler manjadi salah satu bagian penting untuk memaksimalkan potensi siswa dan siswi, kegiatan Ekstrakurikuler juga bertujuan untuk dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan siswa diberbagai bidang diluar bidang akademik. Dengan adanya bantuan fasilitasi kegiatan Pengembangan Bakat dan Minat (Ekstrakurikuler dan Intrakurikuler) di SMK Muhammadiyah Sumowono diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat siswa dan siswi khususnya di bidang Bela Diri Silat (Tapak Suci), Las dan juga Membatik.

Kegiatan pertama yang akan dilakukan dalam rangkaian Pengembangan Bakat dan Minat (Ekstrakurikuler dan Intrakulikuler) di SMK Muhammadiyah Sumowono adalah Asesmen Bakat dan Minat. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2020 di SMK Muhammadiyah Sumowono dengan jumlah 75 peserta yang terdiri dari 59 siswa kelas X dan 16 siswa anggota IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah).

Rangkaian kegiatan yang kedua adalah pameran hasil karya siswa untuk Ekstrakurikuler las dan membatik yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 November 2020.Dalam pameran tersebut ditampilkan hasil karya siswa berupa vas bunga, modifikasi kendaraan bermotor, kain batik jumputan, kain batik tulis dan berbagai macam jenis baju dari kain batik.

Lomba Pencak Silat Seni Baku Tunggal IPSI Tangan Kosong antar Tapak Suci SMK Muhammadiyah se Kabupaten Semarang adalah kegiatan terakhir dalam rangkaian Pengembangan Bakat dan Minat (Ekstrakurikuler dan Intrakulikuler) di SMK Muhammadiyah Sumowono yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 November 2020.

Lomba tersebut di ikuti oleh 4 sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Semarang yaitu SMK Muhammadiayah Sumowono, SMK Muhammadiyah Ungaran, SMK Muhammadiyah Suruh dan SMK Muhammadiyah Susukan dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 50 peserta.

Sekolah penyelenggara melibatkan unsur-unsur sebagai berikut:

  1. SMK Muhammadiyah Sumowono;
  2. Satgas Covid-19 Kecamatan Sumowono;
  3. Stakeholder Kecamatan Sumowono
  4. SMK Muhammadiyah se Kabupaten Semarang;
  5. Komite Sekolah.

Kegiatan ekstrakurikuler las dan membatik berhasil menarik perhatian pengunjung pameran yang dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang ingin mengetahui dan mencoba proses membatik. Pengunjung pameran las juga bersemangat untuk mencoba menaiki kendaraan yang sudah di modifikasi oleh siswa SMK Muhammadiyah Sumowono.

Lomba Pencak Silat Seni Baku Tunggal IPSI Tangan Kosong antar Tapak Suci SMK Muhammadiyah se Kabupaten Semarang yang di ikuti oleh 50 peserta dari 4 sekolah Muhammadiyah. Dari perlombaan tersebut diperoleh juara sebagai berikut :

  1. Juara 1 Putra diberikan kepada Ficky Candra dari SMK Muhammadiyah Ungaran
  2. Juara 2 diberikan kepada Diki Setiyawan dari SMK Muhammadiyah Sumowono
  3. Juara 3 diberikan kepada Deni Ambarwati dari SMK Muhammadiyah Sumowono

SMK Muhammadiyah Sumowono sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT serta semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kesuksesan kegiatan Retooling Pelatihan Kerja. Semoga ke depannya dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk meningkatkan berbagai aspek di sekolah dengan harapan agar sekolah semakin kompeten dalam mencetak generasi yang beriman dan juga memiliki kompetensi yang unggul yang dapat digunakan sebagai bekal di masa depan.

 

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar