SMK Muhammadiyah Sumowono
SHARE :

Sejarah



SMK Muhammadiyah Sumowono merupakan salah satu sekolah swasta kejuruan yang berlokasi di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 8-9 Sumowono. Kecamatan Sumowono merupakan kecamatan yang terletak di pojok Kabupaten Semarang, yang berbatasan dengan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Temanggung. Berada di lokasi pegunungan, dengan cuaca yang dingin dan masih sering berkabut.

SMK Muhammadiyah Sumowono berdiri sejak tahun 2009 berdasarkan Surat dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Semarang Nomor: 425.1/1187.A tanggal 07 Mei 2009 dengan Program keahlian Teknik Otomotif dan Tata Busana. Didirikan karena kebutuhan masyarakat akan pendidikan Kejuruan. Sebelumnya telah berdiri SMA Muhammadiyah Sumowono sejak Tahun 1986. SMK berdiri awal mula satu atap dengan SMA. Pada saat itu, Bapak Agus Hariyanto, S.Pd menjabat kepala sekolah rangkap baik di SMA maupun di SMK. Seluruh administrasi menjadi satu dengan SMA. Satu tahun berdiri SMK harus segera memisahkan diri dari SMA dengan tujuan agar bisa lebih berkembang. Pada saat itu Bangunan SMK masih menjadi satu dengan SMA. Jabatan kepala sekolah rangkap hanya sampai tahun 2010.

Untuk selanjutnya pada tahun 2010-2012 jabatan Kepala Sekolah dilimpahkan kepada Bapak Surianto, S.E yang merupakan Kepala Sekolah terpilih dari hasil seleksi yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sumowono. Pada masa kepemimpinan beliau banyak hal yang telah diterapkan, yang paling mendasar adalah kedisiplinan. Beberapa penambahan fasilitas juga terlaksana pada saat kepemimpinan beliau. Pembangunan ruang guru, pemisahan kelas untuk SMK, penambahan ruang kelas baru dan rehab lapangan upacara.

Pada tahun 2012 Kepala Sekolah terpilih berdasarkan hasil seleksi Kepala Sekolah adalah bapak Imam Syafi’i, S.TP. Beliau merupakan PNS yang sudah berpengalaman di dalam pendidikan. Kehadiran beliau membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap perkembangan SMK Muhammadiyah Sumowono. Perkembangan yang sangan signifikan dalam sarana dan prasarana. Dalam pengembangan sarana dan prasarana, hal pertama yang beliau lakukan adalah pemisahan bangunan dari SMA, pembuatan pagar keliling sekolah, pembuatan lapangan upacara dan lapangan olah raga, pembangunan ruang praktik siswa, pembangunan perpustakaan, pembangunan bisnis center, pembangunan tempat parkir dan pembebasan beberapa lahan. Kondisi lingkungan saat itu mulai asri dengan menanam berbagai macam tanaman hias. Suasana lingkungan sekolah juga bersih. Pada saat itu juga diaplikasikan program hafalan surat pendek yang diaksanakan ketika apel pagi. Hafalan surat pendek ini bertujuan untuk membekali peserta didik agar mampu menghafal juz 30. Banyak faedah yang didapatkan dari menghafal Al Qur’an, yaitu membuat suasana sekolah lebih tenang dan nyaman serta membuat kondisi lingkungan sekolah lebih kondusif. Dalam masa kepemimpinan beliau administrasi sekolah diatur dengan sangat baik dan sangat rinci. Semua rencana dan kegiatan terprogram dengan baik, sehingga membawa situasi dan kondisi yang sangat nyaman di sekolah. Keteladan merupakan salah satu ciri dari kepemimpinan beliau. Beliau juga selalu memantau seluruh aspek kegiatan di sekolah. Seluruh peserta didik hormat dan segan dengan beliau. Tegas juga merupakan karakter beliau selama memimpin di SMK Muhammadiyah Sumowono. Kepemimpinan Bapak Imam Syafi’i, S.TP berakhir pada tahun 2018 karena beliau terpilih sebagai Kepala Sekolah Negeri dan harus pindah tugas di Sekolah Negeri.

Menjabat pada tahun 2018 adalah bapak Eko Pamuji, S.T. Beliau terpilih sebagai Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Sumowono sampai dengan saat ini. Beliau merupakan sosok pemimpin yang berkarakter, penyabar dan memberi contoh. Saat ini banyak pengembangan yang telah dilakukan yaitu penambahan alat – alat praktik untuk menunjang kompetensi siswa, pembangunan halaman depan sekolah dan pengembangan bisnis center. Selain itu dengan kerja keras, semangat dalam mengembangkan sekolah pada masa kepemimpinan beliau, sekolah mendapatkan beberapa bantuan berkaitan dengan pengembangan bakat minat dan pengembangan kompetensi.

SMK Muhammadiyah Sumowono saat ini memiliki 2 Kompetensi Kejuruan yaitu Tata Busana dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Tentunya masih banyak hal yang harus kami perbaiki untuk meningkatkan existensi sekolah ke depannya. Kami berharap agar sekolah dapat maju dan berkembang serta dapat menjadi salah satu sekolah yang dipercaya oleh masyarakat. Kami juga berharap agar SMK Muhammadiyah Sumowono dapat menjadi sekolah yang dapat mengembangkan pendidikan dan mencetak generasi yang beriman dan berilmu untuk masa depan bangsa dan negara. Semoga seluruh keinginan kami diijabahi oleh Allah Azza Wajala. Aamiin.