SMK Muhammadiyah Sumowono
SHARE :

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, SMK Muhammadiyah Sumowono Adakan Retooling

28
01/2021
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar
Author : admin


Tingkatkan Kompetensi Lulusan, SMK Muhammadiyah Sumowono Adakan Retooling

Retooling Pelatihan Kerja merupakan salah satu Bantuan Pemerintah Fasilitasi Siswa SMK Tahun Anggaran 2020 melalui DIPA Satuan Kerja Direktorat SMK Bidang Penilaian. Bantuan ini ditujukan untuk 600 lulusan SMK Tahun Ajaran 2019 / 2020 yang belum mendapatkan kerja. SMK Muhammadiyah Sumowono merupakan salah satu sekolah yang berkesempatan mendapatkan bantuan tersebut, dengan kuota sejumlah 15 peserta dari Kompetensi Keahlian Tata Busana.

Kesempatan ini kami gunakan dengan sebaik – baiknya guna meningkatkan berbagai macam kompetensi lulusan yang dibutuhkan oleh IDUKA. Dalam pelaksanaan kegiatan Bantuan Fasilitasi Retooling Pelatihan Kerja ini SMK Muhammadiyah Sumowono bekerja sama dengan IDUKA PT Inti Sukses Garmindo yang beralamat di Jl. Sukarno Hatta KM 31 Desa Randugunting Kabupaten Semarang. PT Inti Sukses Garmindo merupakan PT yang bergerak dalam bidang Garmen. PT Inti Sukses Garmindo melaksanakan 6 hari kerja effektif yaitu Senin sampai dengan Sabtu.

Retooling Pelatihan Kerja dilaksanakan kurang lebih 100 jam kerja yaitu setara dengan 21 hari efektif kerja atau 3 minggu. Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan Retooling Pelatihan Kerja, Kegiatan Pelatihan dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, Bapak Budi Santosa, S.Pd., M.Pd., M.Si pada hari Senin siang, 26 Oktober 2020 di Aula Pelatihan PT Inti Sukses Garmindo. Dalam kegiatan pembukaan tersebut beliau berpesan agar para lulusan menggunakan kesempatan pelatihan tersebut dengan sebaik – baiknya untuk melatih dan meningkatkan kompetensi sebagai bekal di dunia kerja. Pesan untuk SMK Muhammadiyah Sumowono, agar menambah kerja sama dengan banyak IDUKA agar dapat mengembangkan potensi lulusan yang memungkinkan untuk melebarkan karir di luar Kompetensi Keahlian yang diperoleh di sekolah.

Pelaksanaan Retooling Pelatihan Kerja bertempat di PT Inti Sukses Garmindo. Hal ini bertujuan agar para peserta lulusan dapat melihat langsung suasana dan kondisi real di dunia kerja. Selain itu para peserta juga dapat melihat dan menggunakan berbagai mesin Industri yang benar – benar digunakan di IDUKA. Para peserta juga dapat langsung membiasakan diri dengan Budaya Kerja di IDUKA. Pelatihan dibimbing oleh Instruktur yang kompeten di bidangnya. Retooling

Pelatihan Kerja ini dimulai tanggal 26 Oktober sampai dengan tanggal 11 November 2020. Pelatihan Kerja dilaksanakan menyesuaikan hari kerja di IDUKA. Pelatihan dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan diikuti dengan penuh semangat oleh para peserta. Setelah kegiatan pelatihan selesai diikuti kemudian dilaksanakan kegiatan Penilaian pada tanggal 12 November 2020 dan diakhiri dengan kegiatan Uji Kompetensi pada tanggal 13 November 2020.

Tujuan akhir dari kegiatan Retooling Pelatihan Kerja adalah penyaluran peserta untuk bekerja di IDUKA. Alhamdulilah seluruh peserta pelatihan Retooling Pelatihan Kerja telah terserap di IDUKA. Sebanyak 13 lulusan Retooling Pelatihan Kerja terserap di PT Inti Sukses Garmindo, 1 Peserta di PT Worry Apparel dan 1 peserta bekerja di Business Center SMK Muhammadiyah Sumowono.

SMK Muhammadiyah Sumowono sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT serta semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kesuksesan kegiatan Retooling Pelatihan Kerja. Semoga ke depannya dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk meningkatkan berbagai aspek di sekolah dengan harapan agar sekolah semakin kompeten dalam mencetak generasi yang beriman dan juga memiliki kompetensi yang unggul yang dapat digunakan sebagai bekal di masa depan.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar